Mosfeed Summary

Sirah Nabawiyah

#Hijrah #Sejarah/Sirah #Family
3 Session - 3.3K Views
Rp 29.700
Part 1

SIRAH NABAWI – PART 1 (UST.ABI MAKKI)

 

Sirah itu adalah jalan, jalan sunnah dari semua apa yg kita dengar, kita ketahui, kita lihat dari rasulullah untuk diamalkan dalam kehidupan kita . 

 

AWAL MULA

Allah ciptakan malaikat, kemudian allah ciptakan jin (jin memiliki sesuatu yg tersembunyi dan tidak terlihat) kemudian mereka tinggal dibumi, tetapi jin malah menghancurkan dan merusak bumi, kemudian allah hendak menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi, lalu malaikat mempertanyakan hal itu, dan Allah menjawab dalam Q.S.Al-Baqarah:30. Setelahnya malaikat meminta maaf dan bertaubat kepada Allah dengan cara memutari arsy nya Allah . Dan Allah menyukai itu hingga pada akhirnya allah menyuruh jibril untuk membuat pondasi ka'bah.  Lalu allah menciptakan adam dan hawa, namun adam dan hawa melanggar apa yang allah perintahkan hingga mereka diturunkan ke bumi

 

ADAM & HAWA

Adam berdoa kepada Allah untuk bertaubat (Q.S. Al-Araf:23), Kemudian Allah menerima taubatnya sehingga nabi adam dan hawa di pertemukan, dan adam diberi perintah allah untuk mendirikan ka'bah.

 

Kemudian pada masa nabi Ibrahim, bersama siti hajar dan ismail didekatkan ke ka'bah, untuk meninggikan pondasi ka'bah dan tinggalah mereka disana membangun suatu desa, karena bangunan yang di dirikan oleh nabi adam itu sudah tidak ada lagi disebabkan banjir bah pada masa nabi nuh. 

 

Disebabkan inilah akhirnya keturunan nabi ismail tinggal di Makkah sedangkan nabi ishaq di syam, kemudian yakub, dan yusuf , benjamin, hingga nabi isa. Hingga pada akhirnya nabi muhammad lahir dari keturunan nabi Ibrahim, namun para yahudi ikut pergi ke madinah untuk merencanakan pembunuhan nya.



Peristiwa menjelang kelahiran

Hari kelahiran nabi muhammad adalah 12 rabiul awal di tahun gajah, tahun gajah menjadi tahun yang allah ceritakan dalam Q.S. Al-Fiil, pada tahun ini terjadi penyerangan raja abrahah yang hendak menghancurkan ka'bah. Abdul muthalib (kake rasulullah) pada saat itu adalah pemimpin kaum quraisy, Saat abrahah hendak menyerang ka'bah, abdul muthalib ini tidak ada niatan untuk melindungi ka'bah, beliau hanya meminta dikembalikan 200 unta yang abrahah ambil darinya sembari berkata "Unta ini miliku, aku lah yang bertanggungjawab menjaganya, sedangkan ka'bah itu milik Allah, dan Allah lah yang berhak menjaganya”. Peristiwa lainnya menjelang kelahiran nabi muhammad adalah kematian ayah nya yaitu abdullah saat berdagang di kota yastrib karena jatuh sakit. 

Saat Aminah melahirkan, Aminah menceritakan bahwa ini adalah kelahiran yang mudah dan tidak menyusahkan, pada hari itu bintang bintang seakan mengejar sesuatu (Saat bayi ini lahir, Allah menjadikan bintang-bintang menjadi pelempar syaithan yang mengganggu karena mencoba mencuri takdir dilangit), bintang Ahmad bersinar terang (bintang yang tidak pernah muncul sebelumnya, dan tidak akan pernah muncul lagi setelahnya), kemudian terjadilah gempa yang tidak menghancurkan semua, hanya berhala yang hancur, dan istana istana yang dibangun dengan kesombongan & kedzaliman. Dan rumah Aminah ini terang benderang.

 

Please order to continue read
IDR 29.700
Login & Order