Mosfeed Summary

MEMAKNAI SQUID GAME

#Hijrah #Aqidah #Adab
1 Session - 2.1K Views
Rp 9.900

Squid Game - King Shifrun 3 eps di jadikan 1 file

SQUID GAME

King Shifrunn

 

SCENE 1 : Saat Gihun & Sang Woo bermain Squid Game ketika kecil

Allah berfirman : Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui (QS.Al-Ankabut: 64)

 

Pada scene saat gihun dan sangwoo bermain squid game saat kecil dahulu ia berkta "Aku bahagia seakan akan aku memiliki dunia", ini menunjukan bahwa kebahagiaan yang dimilikinya hanya sementara. Namun harus diketahui bahwa semakin kita sering bermain, maka akan semakin terkuras juga rasa kebahagiaan yang ditimbulkan itu, sebaliknya Kake ilnam sangat merasa bahagia dalam menjalankan permainan karena ia sudah lama tidak memainkan permaiann tersebut. Maka dari itu SIFAT DUNIA ITU SEMENTARA DAN KEBAHAGIAAN DI DUNIA INI SEMENTARA

 

SCENE 2 : Saat gihun bermain 'Ddakji

Allah Berfirman : Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman), "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab, "Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini." (QS.Al-Araf : 172)

 

Karena dalam permainan harus ada pemain dan terdapat orang yang merekrutnya. Maka Allah pula tidak akan memasukan kita kedalam permainan yang namanya dunia. Allah akan meminta perjanjian terlebih dahulu kepada kita. Hari perjanjian ini disebut sebagai "THE DAY OF ALASTU", dimana Allah mengambil perjanjian kita untuk mengakui bahwa Allah ialah RABB kita.

 

Saat Allah menciptakan akal : Allah bertanya kepada Akal, "Hai akal, siapa aku?" Akal menajwab "Aku adalah Akal, Hambamu", Allah berfirman kembali "Kamu adalah Hambaku yang sempurna". Hal yang sama dilakukan kepada Hawa Nafsu, namun Nafsu menjawab "Aku adalah Aku, Engkau adalah Engkau", ia kemudian dimasukan kedalam neraka selama 100 tahun, kemudian dikeluarkan dan ia tetap menjawab hal yang sama, Kejadian ini berulang sampai 3 kali, dan setelah 3 kali masuk kedalam neraka (300 tahun di rendam di neraka) barulah ia mengakui bahwa Hawa Nafsu ialah hamba Allah.

Hukuman di neraka itu setidaknya terbagi menjadi 3 : 

  1. 1000 tahun pertama = Api nya berwarna merah

  2. 1000 tahun ke dua = kemudian berwarna putih

  3. 1000 tahun terakhir = lalu terakhir api yang abadi ialah api berwana hitam

 

Teori Syarat Permainan :

  1. Player

  2. Sistem

  3. Strategi

  4. Pay Off

 

SCENE 3 : Pengumunan & Penandatanganan Aturan Main dalam SQUID GAME 

UNSUR 01 : PLAYER

Allah Berfirman : Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan segala apa yang ada di antara keduanya dengan main-main. Seandainya Kami hendak membuat suatu permainan (istri dan anak), tentulah Kami membuatnya dari sisi Kami, jika Kami benar-benar menghendaki berbuat demikian.(tentulah kami telah melakukannya) (QS.Al- Anbiya : 17-18)

 

Saat sebelum mulai permainan, seluruh pemainl melakukan penandatanganan aturan aturan permainan. Begitupun dengan Allah, Allah tidak akan pernah main main dalam menciptakan sesuatu.

PROFESIONALISME

 

"Ronaldo adalah mesin, yang tidak ingin berhenti berlatih.. Jangan pergi ke rumahnya untuk makan siang, itu akan seperti sesi pelatihan yang lain" - Patrik Evra

 

Profesionalisme dalam islam disebut mukmin yang ihsan, Ihsan adalah tahapan dimana ia beribadah seakan akan ia diawasi oleh Allah setiap saat, ia malu kepada Allah saat ia melakukan keburukan. Lawan dari Ihsan ialah Isa'ah (ia selalu melakukan keburukan dan tidak pernah malu terhadap Allah SWT) Ihsan ini adalah mampu melakukan profesionalisme antar 3 dimensi. 

Dimensi 1 : Dirinya sendiri

Dimensi 2 : Dengan Tuhannya

Dimensi 3 : Dengan Lingkungan sekitarnya

 

Akhirnya belajar dari Ronaldo, ia memang tidak seberbakat Messi, namun karena ia memiliki profesionalisme terhadap 3 Dimensi diatas

Bukti dari derjat ihsan pada manusia ada pada konsistensi ISTIQAMAH. Konsisten itu penting. Sehingga Skema nya menjadi : PROFESIONAL (MUKMIN) >> TOTALITAS (IHSAN) >> KONSISTENSI (ISTIQAMAH)

 

Allah Berfirman : Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik. Tiada sama penghuni penghuni neraka dengan penghuni-penghuni surga; penghuni penghuni'surga itulah orang-orang yang beruntung. (QS.Al-Hasyr : 18-20)

2 perumpamaan dalam Al-Quran :

  1. Jangan terlaalu banyak senda gurau

  2. Jangan terlalu banyak main main

Jangan sampai orang orang hidup di dunia ini menjadi orang orang yang tidak pernah serius dan tidak profesional dalam menjalankan permainan yang diikutinya. Akhirnya saat mereka menerima PAY OFF (kehidupan akhirat) mereka menginginkan kembali ke dunia untuk menjalani permainan yang sama. 

Allah Berfirman : Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata), “Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), niscaya kami akan mengerjakan kebajikan. Sungguh, kami adalah orang-orang yang yakin.” (QS.As-Sajdah : 12)

 

Tapi kebanyakan manusia selalu main main dalam hidupnya itu, mereka menyia nyiakan kehidupannya, sehingga saat akhirat mereka merengek ingin kembali lagi kedalam permainan. perlu diingat bahwa "Allah tidak akan mengadzab seseorang selain dari kesalahannya sendiri"

 

Allah Berfirman : "Ya Tuhan kami, berikanlah kami kesempatan (kembali ke dunia) wlaupun sebentar, niscaya kami akan mematuhi seruan engkau dan akan mengikuti Rasul (QS.Ibrahim:44)

 

SCENE 4 : Permainan 1 - Lampu Merah & Lampu Hijau

UNSUR 02 - SISTEM

Kita harus sadar sistem kehidupan di dunia, Jangan sampai kita menjadikan hal yang serius menjadi main main sedangkan kita menjadikan hal hal yang main main menjadi serius

Jika sistem dalam permainan SQUID GAME Itu hidup/mati, dan semua player di dalamnya sudah ketakutan. Lantas bagaimana sistematika kehidupan yang berkisar antara SURGA/NERAKA ?

Sistemnya sudah berjalan = Mensucikan Allah, Allah yang kuat dan menetapkan segala sesuatu. Maka jika ada yang melanggar itu sudah OUT. sudah dinyatakan keluar dari permainan

 

MANUSIA DAN SEMUT

Allah menciptakan Manusia lebih besar dari semut, namun sekali di tekan oleh telunjuk saja, semut bisa sampai mati. Bagaimana Allah balas kesakitan semut itu kepada kita ? Allah MAHA PERKASA DAN MAHA BESAR itu akan membalas dari pelanggaran permainan yang kita lakukan. Adzab Allah itu sungguh pedih ! Allah mengukur segala sesuatu menurut UKURANNYA (Baik kasih sayang bagi pemenang atau hukuman bagi pelanggar)

 

Allah Berfirman : Mahasuci Allah yang menguasai (segala) kerajaan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun. (QS.Al-Mulk : 1-2)

 

Namun sistem kehidupan Allah ini berbeda, SANGAT ADIL, jika dalam SQUID GAME sistem yang dimiliki hanya 1 di atur oleh front man saja, sedangkan dalam game bernama kehidupan bahkan Allah menetapkan sistem sendiri di setiap orangnya, setiap manusia menjalankan ujian/permainan hidup itu sesuai dengan KAPABILITASNYA

 

Allah Berfirman : "Dan dengan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan marut" (QS.Al-Baqarah : 102)

 

Einstein bahkan berpendapat bahwa sesungguhnya setiap orang itu pintar berdasarkan kemampuannya masing masing, Menilai ikan bukan dari cara memanjat pohon, namun cara ia berenang di dalam air

 

Kisah Harut Marut

Di zaman nabi Idris, malaikat tahu bahwa Nabi idris berdoa kepada Allah "Wahai Allah, hamba yang berdosa ini tidak layak berada di antara para malaikat". Saat itu malaikat ingat saat Allah menciptakan Nabi adam yang hendak dijadikan sebagai khalifah, dan malaikat mempertanyakan hal itu, malaikat menganggap dirinya lebih layak untuk tinggal di bumi.

 

Alhasil, Allah memberi tantangan bagi mereka, Allah menyuruh malaikat untuk memilih 2 diantaranya yang paling baik, kemudian Allah berikan kepada mereka Hawa Nafsu. Kemudian malaikat memilih Harut & Marut sebagai malaikat yang di anggap paling baik. Lalu Allah memberi tugas kepada mereka untuk menjadi khalifah, diantaranya ialah :

  1. Menjadi hakim pemutus yang paling baik

  2. Dilarang untuk menyekutukan Allah

  3. Dilarang Membunuh

  4. Dilarang Berzina

  5. Dilarang Meminum Alkohol

Mereka selalu berdzikir, namun suatu waku perut mereka sakit, ternyata mereka sadari mereka lapar. Lalu mereka melihat seorang wanita yang cantik, mereka tertarik kepadanya, wanita itu hanya membutuhkan seorang hakim. karena itu mereka datang kepada harut marut. Ia tidak sanggup melayangkan tuntutan. Akhirnya sang wanita berkata "Jika kalian bisa mengurangi tuntutanku, maka aku akan memenuhi apapun yang kalian ingikan".. 

 

Mereka di ajak minum bersama oleh seorang wanita itu, Awalnya ditolak namun karena rindu semakin menyiksa, dan mabuk keras, akhirnya mereka berzina dengan wanita tersebut, Hal itu dilihat oleh seseorang.. Akhirnya harut dan marut membunuh laki laki yang melihat perzinahan yang mereka lakukan. 

 

Sang wanita keluar dan berkata "Cepat atau lambat, hal ini tidak bisa sembunyikan, ayo berdoa kepada tuhanku (berhala) karena tuhanmu tidak akan membantumu saat kamu sedang dalam keadaan bermaksiat". Mereka mengikuti saran wanita itu dan akhrinya sujud kepada berhala memohon pertolongan. Allah mengutus jibril, kemudian berkata "Permainan hidupmu di dunia sudah selesai. Kalian akan menerima hukuman, dan mereka ini memilih hukuman di dunia di segerakan. Allah gantung mereka di antara langit dan bumi, dengan posisi kaki yang digantung diatas dan kepala menghadap ke bawah dari zaman nabi idris sampai hari kiamat kelak. Suatu hari ada wanita dari persia datang kepada Rasulullah, ia melihat pemuda yang digantung terbalik di langit, lalu ia bertanya kepada rasulullah mengenai hal ini, dan rasulullah menjelaskan bahwa itu adalah Harut & Marut (Walaupun tidak shahih). Dari kisah diatas bisa disimpulkan bahwa musuh utama manusia ialah HAWA NAFSUNYA. JIka hawa nafsu bisa di tundukan,maka rintangan didepannya pun bisa dihidari

 

Scene 5 : Pemilihan suara mengenai kelanjutan permainan squid game

Barangsiapa yang menyangka ada yang lebih mudah memusuhinya (menghalangi) dirinya ketimbang nafsunya sendiri, berarti ia kurang mengenali dirinya sendiri (Ibnu Hajar Al-Asqalni) " Yang membisikan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia (QS.An-Nas : 4-5)

Syaithan itu selalu mengandalkan hawa nafsu sebagai kendaraan tercepat untuk menggoda manusia. 

Allah berfirman "Sesungguhnya (terhadap) hamba-hambaku, engkau (iblis) tidaklah dapat berkuasa atas mereka , Dan cukuplah Tuhanmu sebagai penjaga" (QS.Al-isra:65)

 

TERKAIT HAWA NAFSU DAN KEBUTUHAN DASAR MANUSIA

Abaraham harold maslow dilahirkan di brooklyn, New York, pada tanggal 1 April 1908. Maslow dibersarkan dalam keluarga yahudi rusia dengan orang tua yang tidak mengenyam pendidikan tinggi. Pada masa kecilnya, ia dikenal sebagai anak yang kurang berkembang di bandingkan anak lain yang sebayanya, Ia mengatakan bahwa dirinya adalah seorang anak yahudi yang tumbuh dalam lingkungan yang mayoritas dihuni oleh Non Yahudi. Abraham Maslow adalah terotitikus yang banyak memberi inspirasi kepribadian. Ia juga seorang psikolog yang berasal dari Amerika dan menjadi seoang pelopor aliran psikologi humanist. Ia terkenal dengan teorinya tentang hierarki kebutuhan manusia. 

Dimana kebutuhan manusia itu terbagi menjadi :

  1. Self-Actualization (Kebutuhan akan aktualisasi diri)

  2. Esteem Needs (Kebutuhan akan penghargaan)

  3. Social Needs (Kebutuhan akan memiliki & kasih sayang)

  4. Safety Needs (Kebutuhan akan keamanan)

  5. Physiological Needs (Kebutuhan Fisiologi)

 

Skema Piramida nya ialah sebagai berikut :

"Sesungguhnya kemiskinan itu dekat kepada kekufuran" (HR.Abu Naim)

Hal inilah yang dimainkan oleh kake ilnam dan tim squid game, mereka memanfaatkan orang orang yang tidak terpenuhi kebutuhan dasarnya. Orang yang basic needs nya tidak terpenuhi, maka ia akan. mudah di permainkan. Semakin miskin semakin mudah untuk disesatkan.

 

"Kejahatan yang terorganisir akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir"

Kakek ilnam adalah salah satu orang kaya yang pemenuhan nafsunya sudah dicoba dalam segala cara, namun kake ilnam tidak menemukan kebahagiaan disana. Akhirnya mereka mempermainkan nyawa manusia.

 

Karena keinginan manusia ini tidak ada habisnya maka Rasulullah mengajarkan sebuah doa :

Allahumma inni as-alukal huda wat tuqo wal 'afaf wal ghina

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, sifat ‘afaf (terjaga dari yang haram dan menahan diri darinya), dan sifat ghina (kaya hati, merasa cukup dari apa yang ada pada manusia dan apa yang ada di tangan mereka).” LINGKARAN SETAN & LINGKARAN KEBAIKAN

 

"Madinah adalah sebagaimana tungku beserta api panasnya, yang menghilangkan kotorannya dan menyerang yang terbaiknya" (HR.Ahmad)

 

Sebuah sistem berfungsi untuk menyaring setiap manusia yang terklibat di dalamnya. Namun harus diketahui sistem islam ini menjawab nya. Sistem Allah akan membuat orang orang yang ada di dalamnya mengikuti inti arus untuk menjadi baik, sehingga orang jahat dan bertabiat buruk akan mengikuti aturan Misalnya saja : Orang Munafik saja shalat. Berbeda dengan sistem syaithan, ia akan mengikuti arus keburukan, zaman sekarang bahkan orang mukmin pun tidak shalat dan bangga atas hal itu.

 

Dalam Squid Game, sistem didalamnya adalah sistem yang buruk, akibatnya membuat para pemain di dalamnya berlaku buruk pula. Inilah sistem yang buruk yang dijalankan oleh syaithan. Musuh kita ini tersistem, maka dari itu kita harus melawannya dengan sistem juga.

 

KARL MAX

Karl max adalah pencetus teori kelas, tepatnya pada abad ke 19, yang dilatarbelakangi oleh perekonomian liberal yang menjadi tempat ekploitasi manusia dan perbedaan kelas. Kelas Sosial secara objektif diartikan sebagai golongan sosial dengan kepentingan sendiri, sedangkan secara subjektif sebagai golongan khusus dalam masyarakat yang mempunyai kepentingan kepentingan spesifik serta mau memperjuangkannya. Berdasarkan pada analisis alienasi, kelas sosial terbagi menjadi dua. Pertama, kelas atas atau kaum borjuis, yakni kelas pemilik alat-alat produksi yang bersikap konservatif, dan kelas yang bekerja untuk pemilik alat-alat produksi dan bersikap progresif dan revolusioner

 

Karl max juga menjelaskan bahwa : Baik buruk atau benar salahnya seseorang akhirnya bisa di tentukan oleh HARTA/Uang. Karena uang, bisa membuat kita tertunduk menjadi orang yang mengikuti kehendak orang lain. (HR. Muslim no. 2721).

 

Doa Rasulullah agar terbebas dari Hutang :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia."

 

UNSUR 3 : STRATEGI

Scene 5 : Tarik Tambang Peserta

Dalam menjalankan sebuah permainan harus disertai dengan stratrgi yang baik, agar permainan bisa dilalui dan dimenangkan dengan baik, sama hal nya dengan SQUID GAME saat momen tarik tambang, permainan kehidupan pun seperti itu, harus ada STRATEGI dalam menjalaninya.

 

STRATEGI NYA IALAH :

1.Jangan lupakan password untuk registrasi

"Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

 

"Barangsiapa yang mengatakan La illa ha illallah pasti akan masuk surga" 

(HR.Abu Daud)

 

Inilah sesungguhnya pasword dalam kehdiupan kita. Tetap berpegang teguh kepada password ini maka kita akan selamat

 

2. Ikuti Aturan Mainnya

Berpegang teguh pada pasword saja nyatanya tidak cukup, maka harus ada usaha untuk menyelamatkan diri. Usahanya itu ialah melakukan yang wajib dan meninggalkan apa yang sudah Allah larang. 

 

Allah berfirman : Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim. (QS.Al-Imran : 102)

 

Bagaimana pendapatmu jika aku telah mengerjakan sholat maktubah (sholat fardhu lima waktu), berpuasa Ramadhan, menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram, dan aku tidak menambahnya dengan suatu apa pun. Apakah aku bisa masuk surga?" Rasul menjawab, "Ya." (HR Muslim).

Aturan main dalam hidup hanya semudah untuk menjalankan perintah Allah, dan menjauhi seluruh larangannya.. Namun jika ingin menyempurnakannya maka :

  1. Upayakan amalan sunnah untuk dikerjakan

  2. Upayakan yang makruh untuk di tinggalkan

  3. Upayakan yag mubah untuk dikurangi

Allah sudah beri aturan mainnya. namun aturan main nyatanya tidak cukup

 

Scene 6 : Pemilihan kaca saat di jembatan kaca peserta

Strategi ke 3 ialah Maksimalkan Potensi

Allah Berfirman : Mahasuci Allah yang menguasai (segala) kerajaan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun. (QS.Al-Mulk : 1-2)

 

Syaithan berperan dalam menyamarkan sesuatu terutama potensi, Akhirnya para manusia bergerak tidak sesuai dengan potesinya. Dan inilah yang menjadikan manusia tidak bisa memaksimalkan potensi dan bermain peran di dalamnya. Maka kita harus bisa potensi masing masing.. yang perlu kita lakukan adalah memohon pertolongan Allah agar Allah dapat membantu kita dalam memaksimalkan potensi yang kita akan datangi. 

 

Jika potensi kita sudah di temukan, maka fokus disana dan jadikan itu sebagai kompetensi. Hingga kita dapat maksimalkan seperti itu. Semakin banyak berlatih dalam potensi itu maka kita akan semakin kuat. Nabi pernah bercerita bahwa kita masuk surga melewati amalan kita yang dimaksimalkan secar optimal. 

 

Prioritas yang benar

Maka dari semua yang sudah di bahas fokus lah kepada surga. Menyusun strategi yang benar dalam islam, dan kerjakan hal itu secara konsisten hingga potensi dalam diri masing masing. 

 

PRIORITAS = "Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan (QS.Al-Qashash : 77)

 

UNSUR 4 : PAY OFF

SCENE 7 : Saat Memperlihatkan Uang hasil Hadiah kepada peserta

Allah befirman : Sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau. Jika kamu beriman serta bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta hartamu. (QS.Muhammad : 36)

 

Setelah melewati banyak hal, maka saat nya pembayaran/PAY OFF . Dimana akan ada reward dan punishment disana. 

 

LIFE IS MATHEMATIC

Kehidupan sifatnya seperti matematis, disetiap kegiatannya ialah perhitungannya. Jika hidup ini adalah sebuah peluang untuk mendapatkan surga yang luas. Jangan sibuk mengejar yang fana dan ilusi.

 

Lantas apa yang kamu tanam, itulah yang kamu tuai

Sabarlah menjalani setiap prosesnya dan jalani permainan dengan sebaik baiknya.

Kita ini adalah seorang playyer dalam sebuah permainan yang Allah adakan, diberikan sistem terbaik, strategi terbaik dan di harapkan dengan pay off terbaik. Dunia ini sementara sebagai permainan untuk mendapatkan level yang lebih tinggi, kebahagiaan bukan ada di dunia. melainkan ada di akhirat yaitu surga

 

Please order to continue read
IDR 9.900
Login & Order