Mosfeed Summary

TADABBUR BLACKPINK

#Tafsir #Kitab #Tadabbur
5 Session - 6.4K Views
Rp 49.500
Part 1

Tadabbur Black Pink - King Shifrunn

HOW YOU LIKE THATA bird flying in the sky

Description automatically generated

King Shifrun

 

THE ALBUM

Fun Fact : 

The Album adalah album musik blackpink yang rilis setelah album sebelumnya (Kill This Love, 2019) sukses. The Album ini berisi 8 single yang banyak diminati oleh para blink di seluruh dunia.A picture containing text

Description automatically generated




Tentang Musik

Musik/lagu adalah salah satu seni untuk  mengungkapkan rasa. Ia adalah bahasa universal yang bisa di pahami oleh semua kalangan dengan prespektif pendengarnya masing masing. Namun untuk benar benar memahami pesan apa yang ingin disampaikan dalam sebuah lagu, seorang pendengar dituntut untuk tidak sekedar menikmati lagu tersebut, tapi juga mesti menelisik, mencari tahu, dan mentadabburi karya lagu tersebut sesuai dengan prespektif penciptanya, situasi dan kondisi ketika lagu itu diciptakan dan juga pihak pihak yang terlibat dalam pembuatan lagu tersebut. Keberadaan MV (Music Video) dalam perkembangan seni musik di dewasa ini amat sangat membantu dalam penelusuran ini, karena visualisasi karya lagu akan memungkinkan penciptanya untuk  menyisipkan tanda atau simbol, kode atau pesan, ide, bahkan narasi maupun kampanye yang sedang dia bangun atau dia tuju.

 

Fun Fact 2 :A group of women

Description automatically generated with low confidence

Anggota dari grup black pink itu sendiri terdiri dari Jennie Kim, Lisa, Kim Ji-soo dan Rose

 

Untuk mengetahui isi dari sebuah lagu, maka kita harus mengidentifikasi dengan pertanyaan lengkap. Bisa dilakukan dengan rumus 5W+1H (What, Who, When, Where, Why dan How). Hal ini akan menentukan keutuhan maksud dari penciptaan sebuah lagu. 

 

Ternyata dalam sebuah lagu, pertanyaan yang paling penting dan utama ialah pengantaran sebuah pesan dari siapa kepada siapa yang dilengkapi dengan nada nada jadilah sebuah lagu. Secara tidak langsung lagu adalah pesan tersembunyi dibalik nada dari seseorang kepada orang lainnya (pendengar atau penerima).

 

Sebuah lagu juga terdiri dari sebuah struktur pertanyaan kemudian dilengkapi dengan jawaban yang menjawab pertanyaan tersebut.

 

How You Like That

Text, letter

Description automatically generated

Not Piano How You Like That

A picture containing text, person, screenshot

Description automatically generated

Not Angka How You Like That

 

How You Like That adalah salah satu lagu yang ada di dalam album The Album. Lagu ini juga mengandung sebuah pesan yang hendak disampaikan oleh pembuat kepada para pendengarnya, yang kita lihat adalah sebuah pesan yang hendak disampaikan mereka kepada kita sebagai pendengar. Pertanyaan terbesarnya adalah Who yang dimaksud oleh Blackpink (baik dari pihak Agensi, Produser, Song Writer, Composser atau member) dalam lagu How You Like That adalah siapa ? atau perlu kita pertanyakan juga You yang dimaksud dalam lagu itu merujuk kepada siapa ? 

 

Semua orang yang terlibat dari pembuatan lagu tersebut pastilah tahu apa yang ingin disampaikan. Mari kita bedah satu per satu pesan yang ingin disampaikannya

 

Intro Awal

 

Dalam intro ini, dimulai dengan sebuah patung besar menyerupai iblis yang mereka anggap sebagai Lucifer (Iblis paling tinggi). Tapi karena issue ini semakin berkembang, banyak bantahan yang dikeluarkan. Akhirnya beberapa claim menyatakan bahwa itu bukanlah lucifer, melainkan The Winged Factory of Samothrace, atau disebut juga sebagai Nike of Samothrace. Patung tersebut merupakan patung di era yunani Hellenistic, berbahan marmer dan perwujudan dari Nike (dewi kemenangan yunani). 

 

Patung tersebut diciptakan sekitar abad ke-2 SM sebagai sebuah nazar, harapan, doa atau permohonan. Patung ini awalnya ditemukan di pulau samothrace, di utara laut Aegea, tanpa pernah diketahui siapa penciptanya. Namun sejak 1884, ia dipertontonkan secara umum di lantai teratas museum Louvre, Kota Paris, Prancis dan merupakan salah satu patung paling terkenal di dunia. Patung ini juga diyakini sebagai sebuah “mahakarya terbesar dari pahatan Helenistik”. Ia termasuk salah satu dari sejumlah kecil patung helenistik yang lestari, asli dan bukan salinan Romawi. Patung ini diyakini sebagai patung yang kelak menginspirasi semua jenis patung yang ada di romawi.

 

A picture containing stone, statue, ledge, step

Description automatically generated

The Winged Factory of Samothrace

Museum Louvre

Museum Louvre adalah salah satu museum seni terbesar, museum yang paling banyak dikunjungi dan sebuah monumen bersejarah di dunia. Hampir 35.000 benda dari zaman prasejarah hingga abad ke-19 dipamerkan di area seluas 60.600 meter persegi. Museum awalnya merupakan benteng sekaligus istana yang dibangun pada abad ke-12 dibawah pemerintahan Phillip II. Pada tahun 1682, Louis XIV memilih istana Versailles sebagai kediaman pribadi, sehingga Louver dijadikan sebagai tempat untuk menampilkan koleksi-koleksi kerajaan. Selama Revolusi Prancis, Majelis Nasional Prancis menetapkan bahwa Louvre harus digunakan sebagai museum untuk menampilkan karya karya bangsa pada 1793. Menariknya, dalam hal ini museum tersebut memiliki 666 panel kaca dan sudah mahsyur diidentikan dengan gerakan iluminati, Freemanson sampai penyembahan setan.

 

 

Museum Louvre

 

Dewi Nike

Dalam mitologi Yunani, Nike berarti kemenangan. Nike adalah dewi yang dihubungkan dengan kemenangan dan keberhasilan. Bangsa Romawi menyamakan Dewi Nike dengan Dewi Victoria. Menurut berbagai dongeng, Dewi nike disebutkan sebagai putri dari Pallas (Titan) dan Stiks (Dewi Sungai), saudari dari Zelos (arti: semangat), Kratos (arti: Tenaga) dan Bia (arti: Kekuatan). Dewi Nike dan saudara/i kandungnya menyertai Zeus pada saat perang melawan Titan. Nike sering digambarkan bersayap dalam lukisan maupun patung. Sebagian besar dewa dewi Yunani Kuno dapat melepaskan sayapnya. Nike adalah dewi kekuatan, kecepatan dan kemenangan baik dalam peperangan maupun dalam kompetisi. Nike berteman dekat dengan Athena (Dewi Kebijaksanaan).

 

Namun saat dilihat kembali, sayap yang dimiliki oleh Dewi Nike adalah berwarna putih, bukan hitam. Sementara itu disisi lain sayap berwarna hitam seringkali digunakan untuk penggambaran Iblis (Azazil).

 

Mengenal Iblis

Allah menyebutnya dengan iblis sebab dalam bahasa Arab arti kata “balasa” ialah orang yang tidak memiliki kebaikan sama sekali, sedangkan “ublisa” bermakna putus asa. Sebelumnya Iblis memiliki nama Azazil, Harits, Naail, Babil, Abu Kurdus. Orang Barat atau kaum Nasrani lebih mengenal sebutan “Lucifer” sebagaimana yang disebutkan di dalam kitab mereka. Lucifer artinya pembawa cahaya (Lux, Lucis = Cahaya dan Ferre= membawa). Selain itu mereka juga mengenal iblis sebagai “The Fallen Angel” yakni malaikat yang terjatuh, terusir, mirip seperti keyakinan dalam Islam namun kaum Nasrani beranggapan bahwa malaikat yang diusir dari surga berjumlah banyak, Lucifer adalah salah satunya.

 

Dark angel adalah sebutan untuk para malaikat yang diusir oleh Tuhan dikarenakan berpaling dari Tuhan ataupun mau menyaingi Tuhannya sendiri. Mereka dilempar ke dalam dunia sebagai hukuman atas perbuatannya pada masa sebelum manusia turun ke Bumi. Mereka disebut juga pada Archon (Bahasa Yunani yang artinya penguasa), sebab mereka telah eksis sebelum manusia diciptakan dan menguasai sekaligus menghuni bumi sebelum manusia.

 

Sebagian kepercayaan percaya bahwa mereka sebelumnya bertempat tinggal di danau Talis atau yang lebih dikenal dengan Atlantis. Setelah manusia diciptakan oleh Tuhan, merekalah yang menyesatkan sekaligus memperbudak para manusia. Manusia pada saat itu bukanlah seperti manusia yang sekarang (dulu masih terbelakang). 

 

Para Dark Angel gemar menyesatkan, menghancurkan dan melakukan genosida besar besaran terhadap umat manusia dengan berbagai cara, sebagai contoh dengan menjelma sebagai ular. Mereka dipercaya bisa kembali  memimpin muka bumi ini dengan cara membuka gerbang Alam bayangan (menghadirkan kegelapan atau kejahiliyahan tersebut). 

 

Salah satu cara untuk bisa membukanya adalah menghadirkan “Hocrux” atau dikenal sebagai Mars Ultor (Dewa Perang) dalam peradaban Romawi, Osiris (Dewa Kematian) dalam kebudayaan Mesir Kuno, maupun Dajjal dalam Islam. Kubu Dark Angel dipercaya bahwa sekarang memiliki banyak pendukung yang berasal dari wilayah Timur Tengah maupun Barat. Salah satu pengikutnya adalah Illuminati yang memiliki tujuan menyatukan pemerintahan dunia di bawah Lucifer.




Kuil Masonik

Dilansir dari Wikipedia, Kuil Masonik atau Aula Masonik didalam Freemansonry merupakan ruangan atau Loji Masonik melangsungkan pertemuan rahasia. Kuil Masonik juga dapat merujuk pada tujuan spiritual abstrak dan ruang ritual konseptual dari sebuah pertemuan. Kuil ini identik dengan pilar besar dan tangga tangganya

 

Kuil Masonik

Tangga Nabi Yakub

Menurut Kitab Kejadian

28:10 Maka Yakub berangkat dari Bersyeba dan pergi ke Haran. 28:11 Ia sampai di suatu tempat, dan bermalam di situ, karena matahari telah terbenam. Ia mengambil sebuah batu yang terletak di tempat itu dan dipakainya sebagai alas kepala, lalu membaringkan dirinya di tempat itu

28:12 Maka bermimpilah  ia, di bumi ada didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampaklah malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu

28:13 Berdirilah TUHAN di sampingnya dan berfirman: "Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak; tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu

28:14 Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat

28:15 Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke manapun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu.

 

Sehingga tangga yang ada di dalam kuil masonik menggambarkan tangga nabi yakub yang digunakan para malaikat untuk turun naik antara bumi dan langit (menurut kepercayaan nasrani), Waullahualambishowab.

 

Tujuan Pesan dari Lagu

Lantas siapakah Dear.. To … dalam lagu How You Like That itu ?

Maka dapat dianalisis sebagai berikut :

  1. Dari seseorang yang tersakiti kepada kekasihnya yang menyakiti

  2. Dari Blackpink kepada Hatersnya

  3. Dari Wanita kepada Pria

  4. Dari Iblis kepada Manusia/Tuhan

 

Analisis 01

Clip

A picture containing text, fabric

Description automatically generated

Point : Jennie, Posisi ditengah, Kerang

Point : Dewi Kecantikan, Posisi ditengah, Kerang

 

Dewi Aphrodite

Aphrodite dari kata aphros yang artinya buih, nama lainnya adalah Venus yang merupakan dewi cinta, kecantikan, seksualitas, kenikmatan, dan prokreasi (kesuburan) dalam mitologi Yunani. Ia lahir dari buih yang menyelimuti (aphros) kemaluan uranus yang dipotong oleh kronos ke samudra. Kecantikannyalah yang pada akhirnya mampu menggeser dewi kecantikan sebelumnya, yakni Hera (Juno) dan dengannya para dewa percaya bahwa kecantikannya mampu menghadirkan perpecahan di sesama dewa. 

 

Pada akhirnya Zeus kemudian menikahkannya dengan Hefaistos, anak Zeus dengan Hera yang memiliki rupa yang buruk, ia tinggal di perut bumi (lahar) dan bekerja sebagai pandai besi bagi para dewa. Namun bagi Aphrodite tak cukup banyak upaya untuk menundukan dewa level atas, banyak dewa tunduk menjadi selingkuhannya sebab kecantikannya tak terkecuali zeus itu sendiri.



Analisis 02

Ot kkeutjarak japgetdago

Kan ku ambil sedikit harapan terakhir

 

Jeo nopi du soneul ppeodeobwado

Ku coba menjangkau dengan kedua tanganku

 

Sudut Pandang

  1. Jika dari seseorang yang tersakiti kepada kekasihnya yang menyakiti, Harapan terakhirnya apakah untuk bersatu kembali ?

  2. Jika dari Blackpink kepada Hatersnya, apakah harapannya adalah untuk selalu menerima mereka dalam kondisi apapun ditengah maraknya issue yang beredar ?

  3. Jika dari Wanita kepada Pria, harapan terbesar dari sepasang kekasih adalah untuk pernikahan?

  4. Dari Iblis kepada Manusia/Tuhan, harapan terakhirnya masih ada, karena iblis bisa melakukan apapun dengan kedua tangannya untuk membalaskan dendamnya ?

 

Clip

A picture containing person, child, little, hair

Description automatically generated

A close-up of a statue

Description automatically generated with medium confidence

Point : Jisoo menutup mata dengan lirik meminta keadilan

Point : Dewi Themis, Dewi keadilan, Digambarkan dengan penutup Mata

 

Dewi Themis

Themis adalah dewi kebajikan dan keadilan. Banyak sekte modern menganggap Themis berperan dalam menentukan kehidupan setelah mati. Ia membawa seperangkat timbangan yang digunakan untuk menimbang kebaikan dan keburukan, pahal dan dosa seseorang. Themis juga memberikan masukan terakhir sebelum nasib sang jiwa tersebut ditentukan oleh Hades. Pengikut pagan biasanya berdoa, membakar minyak dan kemenyan, makanan atau menumpahkan minuman sebagai persembahan kepada Themis. Mereka menganggap Themis menjanjikan kesehatan, kesenangan, kejantanan dan kharisma bagi para pengikutnya. Themis biasanya disembah oleh para pria. Themis memiliki tugas utama yaitu memberikan balasan utama kepada ketidak adilan.








Penggambaran Sebuah Dosa

Menurut Kitab kejadian 3:6 “Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian”

Ada beberapa pengertian tentang dosa turunan menurut Kristen, antara lain :

  1. Sebuah kodrat yang membuat manusia cenderung memikirkan dirinya sendiri dan mulai menjauhkan dirinya dari Allah 

  2. Dosa yang timbul karena adanya pemberontakan dalam diri manusia terhadap perintah Allah

  3. Dosa secara rohani yang diwariskan oleh Adam dan Hawa pada semua manusia yang lahir setelah mereka berdua (spesifik menyalahkan dosa ke Hawa), mereka menganggap bahwa penyebab Nabi Adam memakan buah adalah karena Hawa (padahal sebelum adanya Hawa, iblis sudah menggoda berkali kali)

 

7 Dosa Mematikan



Diagram

Description automatically generated










7 Dosa Mematikan

 

Ada 7 dosa yang diyakini, yaitu : Pride (Kesombongan), Greed (Ketamakan), Ency (Iri Hati), Wrath (Kemarahan), Lust (Hawa Nafsu), Gluttony (Kerasukan), dan Sloth (Kemalasan). Adapun sumber dosa itu ialah : 

  1. Dosa yang berasal dari keinginan mata

  2. Dosa yang berasal dari lidah berdusta

  3. Dosa yang berasal dari keinginan hati

  4. Dosa yang diturunkan dari keinginan daging

  5. Dosa datang dari kaki

  6. Dosa yang berasal dari keangkuhan kehidupan

  7. Dosa datang dari penumpahan darah yang tidak bersalah

 

Dilain sisi ada sebuah anime yang berjudul Nanatsu no Taizai yang menceritakan 7 dosa mematikan ini sebagai pahlawannya atau peran utama sedangkan yang menjadi antagonisnya ialah 10 perintah tuhan, diantaranya ialah : 

  1. Galand – Perintah kebenaran

  2. Fraudrin – Perintah ketidakberdayaan

  3. Melascula – Perintah keyakinan

  4. Gloxinia – Perintah istirahat

  5. Grayroad – Perintah kedamaian

  6. Dolore – Perintah Kesabaran

  7. Derieri – Perintah Purity

  8. Monspeet – Perintah ketenangan

  9. Estarossa – Perintah Cinta

  10. Zeidris – Perintah ketaqwaan

 

Ternyata, apabila kita pelajari lebih dalam, 10 perintah Tuhan ini ada dalam Al-Quran. Allah berfirman :

“Katakanlah (Muhammad), "Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu. Jangan mempersekutukan-Nya dengan apa pun, berbuat baik kepada ibu bapak, janganlah membunuh anak-anakmu karena miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; janganlah kamu mendekati perbuatan yang keji, baik yang terlihat ataupun yang tersembunyi, janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu mengerti.” (QS.Al-An’am : 151)

 

“Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, sampai dia mencapai (usia) dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya. Apabila kamu berbicara, bicaralah sejujurnya, sekalipun dia kerabat(mu) dan penuhilah janji Allah. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu ingat." (QS.Al-An’am : 152)

 

“Dan sungguh, inilah jalan-Ku yang lurus. Maka ikutilah! Jangan kamu ikuti jalan-jalan (yang lain) yang akan mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu bertakwa.” (QS.Al-An’am : 153)

 

Sementara itu, dalam kitab Taurat di sebutkan sebagai berikut:

  1. Akulah Tuhan, Allah-mu, jangan menyembah Berhala, berbaktilah kepada-Ku, dan cintailah Aku lebih dari segala sesuatu

  2. Jangan menyebut nama Tuhan dengan tidak hormat

  3. Kuduskanlah hari Tuhan

  4. Hormatilah Ibu Bapakmu

  5. Jangan membunuh

  6. Jangan  berzina

  7. Jangan mencuri

  8. Jangan bersaksi dusta terhadap sesama manusia

  9. Jangan menginginkan istri sesamamu

  10. Jangan menginginkan miliki sesamamu secara tidak adil

 

Analisis 03

Dasi kamkamhan igose, Light up the sky

Sekali lagi di tempat yang gelap ini, ku akan menerangi langit

 

Ne dul nuneul bomyeo, I’ll kiss you goodbye

Saat menatap matamu, kan kuberi ciuman perpisahan

 

Sikeot biuseora kkaljoeunikka, ije neohui hana dul set

Tertawakanlah aku selagi kau bisa, karena sekarang giliranmu 1,2,3

 

Sudut Pandang

  1. Jika dari seseorang yang tersakiti kepada kekasihnya yang menyakiti, pembalasan dendam dari tempat gelap atau keterpurukan

  2. Jika dari Blackpink kepada Hatersnya, membalasnya dengan prestasi?

  3. Jika dari Wanita kepada Pria, berharap ada sesuatu yang indah pada akhirnya seperti cahaya dari langit

  4. Dari Iblis kepada Manusia/Tuhan, pembalasan dendam kepada Tuhan dan ingin membebaskan diri dari kegelapan

 

Semua analisis ini bertujuan untuk mencari sudut pandang mana yang lebih tepat, sehingga kita dapat mengetahui pesan dari lagu ini dari siapa dan ditujukan kepada siapa.

 

Clip

A picture containing plant, flower, wedding, decorated

Description automatically generated

A picture containing indoor

Description automatically generated

Point : Rose digambarkan seperti putri tidur, Lirik akan menjadi sebuah cahaya setelah ciuman

Point : Sleeping Beauty (Putri Tidur), terbangun karena ciuman dari sang pangeran

 

Rose digambarkan seperti putri tidur karena terkena kutukan dan ia akan terbebas dari kutukan tersebut melalui ciuman terakhirnya. Tetapi tidak hanya itu saja kisah bunga, tertidur dan proses menurunkan ranjang pada MV mengingatkan kita kepada kisah Dewi kesuburan bumi (Dewi Persephonie).

 

Dewi Persephonie

Persefone (Kore atau Cora) dalam mitologi Yunani, merupakan perwujudan dari kesuburan bumi, dan pada saat yang sama juga sebagai ratu dari dunia bawah. Dia adalah putri dari Demeter dan Zeus, yang diperistri dewa Hades, sang penguasa dunia bawah. Tidak seperti keturunan para dewa, Persefone hidup jauh dari para dewa yang lain, dan diasuh ibunya, Demeter sang dewi pertanian. Diceritakan dewa seperti Hermes, Apollo, Ares, dan Hefaistos, pernah menaruh hati pada Persefone; akan tetapi Demeter menolak semua pemberian dan hadiah mereka. Demeter kemudian menyembunyikan Persefone jauh dari para dewa tersebut, sehingga Persefone hidup dalam kedamaian sebelum dia menjadi dewi dari dunia bawah. Kehidupannya berubah saat dia diculik oleh Hades, yang keluar dari rekahan bumi, saat ia bersama Athena dan Artemis sedang memetik bunga. Dalam kesedihan, Demeter mencari keberadaan anaknya, Helios, dewa matahari yang melihat semua kejadian menceritakan padanya tentang penculikan Persefone.

 

Akhirnya, dikarenakan oleh tekanan berbagai pihak, Zeus memaksa Hades untuk mengembalikan Persefone. Akan tetapi, sudah suratan bahwa siapapun yang telah makan dan minum dari dunia bawah, akan ditakdirkan untuk hidup kekal disana. Sebelum Persefone dilepas ke Hermes, yang telah diutus untuk membebaskannya, Hades mengakali Persefone agar memakan buah delima, yang membuatnya terpaksa kembali ke dunia bawah. Saat Demeter bertemu kembali dengan Persefone, bumi berlimpah dengan tanaman dan warna warni (Musim Panas dan Musim Semi), tetapi untuk beberapa bulan kemudian, saat ia kembali ke dunia bawah, sekali lagi bumi menjadi gersang dan suram (Musim Gugur dan Musim Salju). Inilah kisah awal tentang pergantian musim yang dipercayai masyarakat yunani kala itu.

 


A person with flowers on the head

Description automatically generated with low confidence

Point : Dewi Persephonie

Point : Jantung Persephonie

Analisis 04

Ha, how you like that? (Woo!)

You gon' like that, that-that-that, that, that-that-that, that

How you like that? (Bada bing, bada boom, boom, boom)

How you like that, that-that-that, that, that-that-that, that?

Now, look at you, now look at me (Uh)

Look at you, now look at me (Uh)

Look at you, now look at me

How you like that?

Now, look at you, now look at me (Uh)

Look at you, now look at me (Uh)

Look at you, now look at me

How you like that?

 

Clip

Point : Semua Anggota sedang berdiri di bawah sinar dan berada di taman (Bagian atas berbentuk segitiga)

Point : Sinar sama seperti konsep Freemanson

 

Disini setelah sebelumnya ketiga Anggota menyampaikan permasalahan dan kegelisahannya. Datanglah lisa mengajak untuk bangkit dan bergabung dengannya, sehingga semua anggota kembali bersemangat. Bergabung kemana kira kira?

Analisis 05

Your girl need it all and that's a hundred

Baek gae junge baek nae mokseul wonhae

Karma come and get some

Ttakajiman eojjeol su eopjana

What's up? I'm right back

Bangasoereul cock back

Plain Jane get hijacked, don't like me?

Then tell me how you like that, like that

 

Clip

A group of people standing together

Description automatically generated with low confidence

Point : Pasar Agrabah

Point : Pasar Agrabah

 

Lisa digambarkan sebagai seorang wanita independent yang sukses. Dengan latar agrabah (Sebuah pasar), dan memegang sebuah apel. Latar yang sama digunakan saat Aladin mencuri apel untuk jasmine di serial lain. Lisa ini hanya satu satunya member yang tidak pernah terpuruk. Lisa, digambarkan sebuah gebrakan stereotif dan warna yang mencolok juga biasanya di gunakan oleh Lisa. Pasar Agrabah adalah pusat perdagangan utama Agrabah , hamparan besar kota tempat para pedagang dan karavan dari seluruh Agrabah dan sekitarnya berkumpul untuk menjual barang-barang mereka kepada semua penduduk dan pelancong.

 

A picture containing person, lobster, ocean floor

Description automatically generated

Point : Lampu Jin

Point : Lampu Jin

 

Jin dalam film aladin membantu dan mengabulkan semua keinginan, merubah kondisi kehidupan, dan mencapai apa yang dikehendaki.

 

A picture containing person, indoor, hair

Description automatically generated

A picture containing floor

Description automatically generated

Point : Wanita indipendet nan sukses

Point : The Real Girl Boss

 

Cleopatra

Cleopatra adalah salah satu wanita keturunan Mackedonia yang paling terkenal di dunia sebagai Ratu Arab/Mesir. Kecantikannya mendunia dan terus menjadi kisah di sepanjang zaman sebagai sosok wanita yang sempurna dari segala sisi. Ia adalah wanita yang mampu menundukan 2 jenderal terbaik Romawi, yaitu orang nomor 1 Romawi saat itu Julius Caesar, dan sang panglima perang tertingginya yaitu Mark Anthony yang berakhir kehancuran bagi mereka berdua sekaligus Republik Romawi. Selain itu ia merupakan sosok ratu Mesir yang paling sukses memimpin selama 22 tahun. Kematian Cleopatra pun cukup heroik, setelah menemani Julius Caesar, lalu mendampingi Mark Anthony sebagai suksesor Julius, ia memilih mati daripada menerima cinta dari Octavius,s ang kaisar Romawi Pertama. Itulah sosok nyata dari “Girl Boss”, sosok wanita yang sukses dan independent.

 

Cleopatra dengan kecerdikannya ia memakai agama untuk mengklaim tahtanya di tengah perebutan tahta yang sengit. Hal ini mengakibatkan 2 kakaknya dari 5 bersaudara tewas di bunuh. Sebelum ia mengklaim tahtanya, ia mengaku sebagai keturunan Dewa Matahari (Ra) hingga ia dipuja dan disamakan dengan Dewi Isis. Isis adalah dewi dalam kepercayaan Mesi Kuno. Ia dipuja sebagai Ibu dan Istri yang ideal, dan juga sebagai dewi alam dan sihir. Isis merupakan pelindung dari orang yang mati, dewinya anak-anak, juga sahabat bagi para budak, pendosa, kuli, dan orang yang tertekan. Ia juga mendengarkan doa doa orang kaya, aristokat, dan penguasa. Isis umumnya digambarkan sebagai ibu kandung Horus, seorang Dewa Perang, Dewa Langit dan Dewa Perlindungan yang berkepala burung. Isis yang diklaim oleh Cleopatra adalah penghubung antara Dewa Ra (Matahari) dan Horus yang keduanya kerap disimbolisasikan dengan Mata Satu.

 

A picture containing person

Description automatically generatedA picture containing text, fabric

Description automatically generated

 

Mata Satu

Selain dari lambang khusus untuk Dewa Ra, atau sebagai simbol yang sangat dikenal dikalangan freemanson. Mata satu juga adalah simbol dari olok olokan iblis kepada Allah. Allah memiliki sifat MAHA  MELIHAT dan SATU. Sehingga untuk mematahkan hal itu manusia digiring untuk selalu berbangga atas hal hal semacam ini (bagi sebuah golongan).

 

Analisis 06

Deo kamkamhan igose Shine Like The Stars

Di tempat yang lebih gelap ini bersinar seperti bintang bintang

 

Geu misoreul ttimyeo, I’ll Kiss You Goodbye

Dengan senyum diwajahku, kan kuberi ciuman perpisahan

 

Clip

A picture containing text

Description automatically generated

Point : Vocal MV- One Eye

Point : Dewa Ra- One Eye

   

Penggambaran pada MV ini menjadi vocal menunjukan arah mata Jennie, sama seperti mata Dewa Ra. Pola tariannya menggunakan tarian meminta keberkahan dan keselamatan pada dewa dewa di bawah payung (perlindungan) dengan sisi yang lebih gelap dari sebelumnya.

Analisis 07

Silkeot biuseora kkoljoeunikka

Tertawakanlah aku selagi kau masih bisa

 

Ije neohui hana dul set

Karena sekarang giliranmu, 1,2,3

 

Clip

A person in a garment

Description automatically generated with medium confidence

A statue of a person holding a torch

Description automatically generated

Point : Ornamen Kepala, Tangan Keatas dan Buku

Point : Patung liberty

 

Liberty

Liberty adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris untuk deri atau personifikasi dari konsep kebebasan, dan diwakili oleh Dewi Romawi Libertas, juga oleh sosok Marianner dalam simbol nasional Prancis, dan oleh beberapa sosok lainnya. Patung Liberty (Liberty Enlightening the World) karya Federic Auguste Bartholdi adalah sebuah contoh paling terkenal dalam bidang senin rupa, sebuah hadiah dari Prancis kepada Amerika Serikat. “Liberty Enlightening the World” atau Liberty menyinari Dunia. Patung ini di gambarkan sebagai seorang wanita yang sedang membebaskan diri dari belenggu tirani dengan tangan kanan dan memegang sebuah obor dengan api yang menyala, dan ini melambangkan kebebasan. Sementara itu, tangan kirinya memegang sebuah buku dengan tulisan “July 4, 1776” (dengan Angka Romawi), yakni hari kemerdekaan Amerika. Dia menggenakan jubah yang menjuntai dan 7 bayangan dari paku besar mahkotanya yang melambangkan 7 samudra dan benua. Menurut pihak pengelola Taman Nasional AS atau US National Park (Edward Berenson), bahwa Bartholdi (sang pematung) terinspirasi oleh wanita muslimah yang ada di mesir, dan seiring berjalannya waktu sosok ini mejelma sebagai dewi kolosal.

 

A picture containing red, wheel

Description automatically generated

Point : Ornamen Kepala, Penampilan

Point : Dewi Jowangsin

Dewi Jowangsin

Jowangsin adalah dewi rumah tangga/dapur dipercaya mengatur umur anggota keluarga dan keberuntungan mereka. Ibu atau wanita tertua di rumah sering kali bertugas untuk memberikan sesajen kepada semua dewa dewi rumah tangga pada bulan ke-10 kalender tradisional dan masing masing dewa seperlunya pada hari hari biasa. Jowangshin juga dipercaya dapat menuliskan kejadian kejadian di dalam rumah dan menyiarkannya ke surga, para ibu rumah tangga harus mengikuti lima aturan ini :

  1. Jangan mengutuk saat berada di perapian

  2. Jangan duduk di perapian

  3. Jangan letakan kaki di atas perapian

  4. Selalu menjaga kebersihan dapur

  5. Boleh memuja dewa dewa lainnya di dapur 

 

Fun fact 03 : Jisoo adalah anggota tertua dari yang lainnya. Jisoo mengaku kaget menjadi member tertua BLACKPINK saat pertama kali bergabung dengan grup. 

 

Analisis 08

Nalgae ileun chaero churakaetdeon nal

Hari dimana aku jatuh tanpa sayapku hilang

 

Eoddun nanal soge gatyeo itdeon nal

Hari hari yang gelap dimana aku terjebak

 

Geuttaejeume neon nal kkaeunnaeya haesseo

Kau seharusnya mengakhirikuy saat kau masih punya kesempatan

 

Look up in the sky, It’s a bird,It’s a plane

Lihatlah ke langit, Itu burung, Itu pesawat

 

Bring out your boss bitch

Bawa pergi bosmu, sialan

 

Pada akhirnya ini bermakna pergantian, jika subjeknya adalah pasangan kekasih atau laki laki maka artinya mengganti lelaki dahulu dengan yang baru. Namun jika memandang sudut pandang terakhir antara iblis dan Tuhan itu berarti bahwa Iblis meminta kita untuk mengganti Tuhan kita dengan dirinya. Itu termasuk juga pesan utama atau tujuan utama dibuat nya lagu ini. Mengajak manusia untuk mengganti Tuhan dengan Iblis, karena dengan begitu, semua kehidupan akan dibantu oleh nya, dari kegelapan menuju sedikitnya cahaya bintang fajar, setiap anggota nya satu persatu menggunakan sayap hitam.

 

A person in a black dress

Description automatically generated with medium confidence

A person posing for a picture

Description automatically generated with medium confidence

A picture containing dark

Description automatically generated

 

Analisis 09

Clip

A picture containing indoor

Description automatically generated

A group of people dancing

Description automatically generated with medium confidence

A picture containing sky, outdoor

Description automatically generated



Kuda Troya

Kuda Troya adalah simbol penipuan terbesar. Kuda Troya ini adalah kuda dalam kisah perang troya yang perang ini dikisahkan sebagai pengepungan selama 10 tahun yang tidak pernah berhasil. Pada akhirnya masyarakat yunani membuat sebuah patung, berbentuk seperti kuda dengan tujuan untuk menipu, agar musuh mengira mereka telah pergi, padahal mereka masuk kedalam patung kuda yang dibuat itu. Orang orang Troya menyangka pengepung dari  yunani  telah pergi, akhirnya mereka membawa masuk patung kuda tersebut ke dalam benteng. Saat malam hari, orang yunani di daamnya keluar dan mengalahkan suku troya. Sehingga kuda troya ini melambangkan sebuah tipu daya yang mana tipu daya ini dibuat oleh kita sendiri sebagai penerima tipu daya (sebagai suku troya yang membawa patung kuda troya ini kedalam bentengnya sendiri dan malah mendatangkan kehancuran kepadanya).

 

A picture containing sky, outdoor, ground, building

Description automatically generated

 

Jadi sejauh ini, sudah menentukan subjek mu yang mana? Sebagai pasangan kekasih yang tersakiti, sebagai blackpink kepada hatersnya, sebagai wanita kepada laki laki atau sebagai iblis kepada Manusia/Tuhan-Nya ? Waullahualambishowab.. 

 

Please order to continue read
IDR 49.500
Login & Order